Friday, April 5, 2013

Jelajah Semesta dengan Stellarium






Pernahkah kalian merasa ingin mengamati bintang secara detail ?? tentu sulit karena terbatasnya uang untuk membeli teleskop .. hwe he 

Namun dengan software kecil serbaguna ini sobat akan merasakan sensasi luar biasa melihat alam semesta ... Software apa itu ?? STELLARIUM ..

Stellarium adalah planetarium open source gratis untuk komputer Anda.


Perangkat lunak ini menunjukkan langit secara realistis dalam 3D, seperti apa yang Anda lihat dengan mata telanjang, teropong atau teleskop.

Program ini telah digunakan di berbagai planetarium. Tinggal set koordinat anda dan mulalah mengeksplorasi.


Fitur Stellarium
Fitur langit lainnya adalah tambahan katalog dari 210 juta lebih bintang. Selain itu, ada juga asteroid dan ilustrasi rasi bintang dari 10 kebudayaan dunia, Nebula dari katalog Messier, Jalur Susu (Milky Way), dilengkapi juga dengan atmosfer, sunrise, dan sunset yang nyata, serta planet-planet dalam tata surya beserta satelit-satelitnya.Ada banyak fitur yang beragam yang bisa dicicipi dalam Stellarium. Untuk fitur langit, terdapat lebih dari 600 ribu bintang yang terdapat dalam katalog Hipparcos dan katalog Tycho-2. Hipparcos sendiri merupakan kepanjangan dari High Precision Parallax Collecting Satellite (Satelit Pengkoleksi Paralak Presisi Tinggi), sebuah proyek dari Badan Antariksa Eropa (European Space Agency – ESA) untuk pengukuran paralaks dan gerak diri bintang. Sedangkan Tycho-2 merupakan bagian dari satelit Hipparcos yang mengkoleksi bintang dengan tingkat presisi yang rendah.


Selain itu, ada juga fitur Visualisasi berupa garis khatulistiwa, garis bujur, serta garis lintang, bintang berkedip, bintang jatuh, simulasi gerhana dan landscape atau dataran tempat pengamat berada.


Sedangkan Pengatur Dasar (Basic Control) memiliki fungsi untuk perbesaran (zoom), mengamati sekeliling dengan perputaran 360 derajat, pengatur waktu yang bisa memajukan, memundurkan, dan mempercepat waktu, dan menyimpan lokasi pengamatan.





Screenshot :












system requirements

minimal
Linux/Unix; Windows 2000/XP/Vista/7/8; 64-bit Mac OS X 10.6.8 or greater
3D graphics card which supports OpenGL 1.2
256 MiB RAM
120 MiB on disk

recommended
Linux/Unix; Windows XP/Vista/7/8; 64-bit Mac OS X 10.7.0 or greater
3D graphics card which supports OpenGL 2.1 or greater
1 GiB RAM or more
1.5 GiB on disk


Untuk softwarenya bisa di download di : versi 32 bit / 64 bit


Sekian dari admin Senopati, Sepuluh Nomer Empat Komuniti



0 comments:

Post a Comment